Cara Absen Online DHGTK atau Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan Online 2018/2019

Cara Absen Online DHGTK atau Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan Online 2018/2019 - Mulai tahun ajaran 2018/2019 setiap Guru diwajibkan untuk menggunakan DHGTK online. DHGTK adalah aplikasi Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri maupun sekolah swasta seluruh Indonesia, yang akan digunakan untuk mencatat kehadiran secara online atau otomatis.

Cara Absen Online DHGTK atau Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan Online 2018/2019

Kehadiran guru diperhitungkan sebagai pemenuhan beban kerja atau jam kerja secara keseluruhan paling sedikit 37,5 jam kerja per 1 (satu) minggu sebagaimana diamanatkan dalam "Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017" tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru atau tenaga pendidik.

Aplikasi DHGTK memang masih dalam tahap ujicoba, tapi tidak ada salahnya kita mengetahui dan belajar Cara Absen Online DHGTK atau Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan Online 2018/2019 yang dimulai dengan mempelajari mengenai menu-menu yang terdapat di dalam dashboard aplikasi agar setelah aplikasi FIX kita tidak bingung lagi. Saat ini sedang gencar di beritakan di beberapa media sosial bahwa DHGTK akan resmi digunakan pada tahun pelajaran baru ini, tetapi memang belum semuanya menggunakan absen online berbasis fingerprint ini mungkin baru beberapa sekolah saja yang menggunakannnya.

Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan DHGTK dirancang untuk mempercepat proses pembayaran Tunjangan Profesi. Dengan hadirnya DHGTK takan ada lagi pemberkasan yang dilakukan oleh Aparatur Pendidikan, yaitu yang sesuai dengan kewenangannya yang terkait dengan penyaluran TP Guru PNSD.

Penyaluran TP dapat dilihat dari aplikasi SIM-Bar yang berbasis android dan dapat diakses oleh pihak-pihak yang terkait atau para pemilik-pihak yang berkepentingan. Aplikasi SIM-Bar akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

DHGTK adalah daftar hadir guru dan tenaga kependidikan yang berbasis online dan sudah dimulai pada awal bulan januari 2018 yang lalu, dan rencananya akan resmi digunakan atau di rilis pada tahun pelajaran baru ini. Semua kebijakan mengenai tunjangan dan lain sebagainya akan diambil dari DHGTK, akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal rencananya absen online DHGTK akan disambungkan atau digabungkan dengan mesin sidik jari atau yang lebih dikenal fingerprint. Fingerprint adalah aplikasi yang di rancang khusus untuk memenuhi kebutuhan data yang cepat dan akurat dengan menggunakan verifikasi sidik jari ataupun RFID. Mesin absensi sidik jari adalah jenis mesin absensi biometrik yang menggunakan metode kehadiran atau absensi karyawan dengan mendeteksi sidik jari.

Cara menggunakan absen online Fingerprint (Sidik jari)

Cara menggunakan atau mengisi absen online sebenarnya sangatlah mudah, silahkan kunjungi link resmi DHGTK berikut ini :http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/absen_finger/. Dilaman form pengisian data login selanjutnya masukkan NPSN sekolah, user id masukkan username dapodik, sedangkan password = kata sandi dapodik.

Pada halaman utama dhgtk ada beberapa menu yang tampil adalah kelengkapan sekolah yang berisi izin pegawai, operasional sekolah, dan kalender pendidikan. Selanjutnya menu laporan yang berisi laporan bulanan dan harian. sedangkan cara pengisiannya bisa anda download panduan DHGTK fingerprint dibawah ini :

Download Panduan DHGTK 2018 KLIK DISINI
Download Juknis DHGTK 2018 KLIK DISINI

Demikianlah sedikit penjelasan tentang Cara Absen Online DHGTK atau Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan Online 2018/2019 yang dapat admin bagikan, semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi Bapak dan Ibu Guru trimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Absen Online DHGTK atau Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan Online 2018/2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel